Oct

13

New Age syndrome

new age

Timbulnya permasalahan kasus yang ada seperti contohnya tentang banyaknya pengikut Dimas Kanjeng merupakan sebuah gaya hidup baru bagi ilmu sosiologi dinamakan new age. ada orang yang apabila memperoleh kepercayaan dari banyak orang maka akan timbul rasa percaya diri yang berlebihan, sehingga dapat menimbulkan pseudoscientific, yaitu membenarkan sesuatu yang salah dengan mencarikan alasan yang seolah-olah masuk akal. apabila ini dikaitkan dengan masalah agama dan kepercayaan. apabila orang sudah terkena pengaruh ini maka mereka lebih memilih tidak tau proses, hanya mengetahui sedikit “fakta penglihatan” mereka lalu percaya.

Apabila ditarik penyebabnya, maka ada dua keadaan masyarakat saat ini, yang pertama adalah dislokasi : yaitu krisis masing-masing pribadi, merupakan kebingungan seseorang tentang posisinya dimasyarakat. yang kedua adalah disorientasi : yaitu kehilangan tujuan dan arah hidup dari manusia itu sendiri.

Dari permasalahan dislokasi ini, bahkan seorang profesorpun akan dapat mengalami ketika mendapat permasalahan keluarga, sehingga ada kemungkinan ketika orang tersebut berada disuatu tempat yang membuatnya merasa “nyaman” maka orang itupun akan lebih menyukai tempat lain dibanding dirumahnya tersendiri. Selain itu faktor ekonomi, dimana keinginan mendapatkan harta yang banyak secara “instan, cepat dan banyak” akan menjadikan orang mencari “jalan pintas” meskipun tidak masuk akal.

Dari kedua penyebab tersebut, maka hal yang bisa dilakukan masyarakat adalah pendidikan agama yang berkaitan dengan pemikiran tentang peraturan hidup, menjaga keharmonisan keluarga, dan penerapan hukum yang sesuai dengan fitrah manusia.

Dari Hasil Kuliah dengan Bpk Djarot B Darmadi PhD. dan Bapak Dr. Eng. Mega Nur Sasongko

 

Posted in Uncategorized | 2 Comments

2 Responses to New Age syndrome

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>